Dirgahayu Indonesiaku


Hari ini 17 Agustus 2010 adalah hari ulang tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke 65. Saya sebagai pemuda yang cinta bangsa memulai hari ini dengan bangun kesiangan (soalnya puasa kan biasa abis sahur tidur lagi hehe). Tapi setelah bangun saya langsung buka FB banyak banget yang nulis status menyambut hari kemerdekaan Indonesia. Mungkin itu juga salah satu bentuk apresiasi mereka dalam merayakan hari yang bersejarah ini. Beberapa waktu yang lalu ada yang nulis status unik di FB, "Belanda tidak menjajah Indonesia selama 350 tahun, tetapi Belanda butuh waktu 350 tahun untuk menaklukkan Indonesia", katanya sih dia copas dari Kompas. Setelah baca itu saya pikir-pikir, bener juga ya masak Belanda datang pertama kali di Indonesia langsung ngejajah kita? Saya masih inget (ato sok inget nih), waktu SD diajarin kalo  Belanda tu datang pertama kali di Banten dibawah pimpinan Cornelis de Houtman (bener ngggak ya?), Waktu mereka pertama kali ke Banten mereka diusir karena kejahatan dan ketidakramahan mereka oleh orang-orang Banten. Trus apa itu tadi disebut menjajah? Kalo diitung-itung 350 tahun kebelakang dari 1945 kan orang Belanda masih nyampe Banten dan itupun masih diusir lagi ma orang-orang Banten (kasianyaaaa..). Jadi yang kita denger selama ini tu keliru, bukan Belanda ngejajah Indonesia selama 350 tahun, tapi Belanda butuh waktu kurang lebih 350 tahun untuk menaklukkan Indonesia, Hidup Indonesia !!!

Ada hal menarik yang aku lihat menjelang 17 Agustus ini, di sekitar perumahan saya aja deh, saya liat banyak banget rumah yang nggak pasang bendera merah putih, walopun kayaknya hal ini sepele banget, tapi coba lihat disini tergambar jelas nasionalisme kita mulai luntur, jaman dulu nggak cuma pas 17 agustus, hari kebangkitan nasional pun orang-orang pada pasang bendera merah putih di depan rumahnya, lha sekarang boro-boro pas kebangkitan nasional, lha wong pas 17 agustusan aja mulai banyak kok yang ndak masang.
Yang saya tahu orang Indonesia banyak yang latah, dalam artian mereka tu selalu ikut-ikut kalo temennya banyak, ikut-ikut kalo ada sesuatu yang lagi booming, Misalnya lagi ada bom elpiji 3 kg, dari yang tahu bener tentang elpiji sampe orang yang nggak tahu apa-apa tentang elpiji pun ikut ngomong di tipi, di koran, di radio, dll. Pas lagi Indonesia ada masalah ma Malaysia dulu, semua ikut-ikut pengen perang, katanya pengen dikirim buat gerilya di Malaysia (latah nasionalisme). Ada juga orang di FB yang nggak saya kenal ngomen di status temen saya, dia ngritik pedas pidatonya Presiden, katanya ini itu kemundurannya nggak disebutlah atau apalah, saya penasaran aku liat infonya dia, halah ternyata cuma orang alay yang nggak tahu apa-apa, mungkin karena latah abis liat tipi kali. Nah itu contoh latahnya, mungkin juga karena latah itu giliran ada beberapa aja nggak pasang bendera, semua juga ikut nggak pasang, 'lha pak "A" aja nggak pasang, lha pak "B" aja juga nggak pasang" hadeeh capek deh.
Well, saya berharap aja di usia Negara kita yang udah 65 tahun ini, Negara kita makin maju, makin gemah ripah loh jinawi, rakyatnya makmur semua, Olahraganya maju (bisa juara piala dunia hehe), rasa nasionalismenya tinggi semua. Pokoknya saya ucapin selamat ulang tahun buat my lovely country, NKRI..!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masuk PPDS? Siapa takut.. :)

Let me introduce myself :)

Dilema Kawat Gigi