Kiat masuk PT


Barusan saya liat pengumuman lulus tes masuk universitas yang saya tempel di dinding kamar. Nggak kerasa udah 2 tahun yang lalu saya berjuang buat bisa masuk perguruan tinggi setelah lulus SMA. Saya dulu ketrima di 3 universitas di Malang dan semua pengumumannya saya print trus saya tempelin di kamar (buat jadi penyemangat kuliah hehehe). Saya dulu awalnya sih ngebet banget masuk FK, pokoknya kalo nggak FK mending nggak kuliah deh, tapi setelah dinasehatin ayah saya akhirnya pilihan saya nggak terpaku di FK doang. Waktu itu sebagai seorang anak kelas 3 SMA (yang belum punya arah dan tujuan hidup hehehe) saya jadi gampang terombang-ambing, saya terpengaruh ma tertarik ma pilihan temen-temen saya, Pas SNMPTN saya milih keperawatan ma gizi di UB (Universitas Brawijaya). Well waktu SNMPTN sih lumayan susah soalnya tapi saya tetep pede (pede karena bisa ato pede karena bego, tetep saya kerjain lah). Pokoknya dikerjain aja, soal-soal kemampuan dasar saya isi semua. Saya emang suka banget ngerjain kemampuan dasar, apalagi MatDas, saya lebih seneng (dan lebih ikhlas tentunya) ngerjain 20 soal MatDas daripada 5 soal Fisika.
Nggak habis disitu aja rasa coba-coba saya. Saya tertarik sama cara ngajar guru matematika saya dan kecantikan guru les biologi saya hehehe, akhirnya saya mutusin buat ambil jurusan matematika ma biologi di UM (Universitas Negeri Malang) waktu tes sih fine-fine aja, andalan saya tetep kemampuan dasar  ama psikotes, dan alhasil saya ketrima di pilihan pertama saya, yaitu S1 Matematika UM. Sehari setelah pengumuman di UM, saya ikut tes masuk di UMM daaaaan.... Saya milih jurusan favorit saya, FK !!
Saya sih ngerjainnya udah nothing to lose, soalnya ketrima nggak ketrima saya udah dapet sekolah (pikir saya waktu itu), tapi ada suatu hasrat dan dorongan lebih pas saya tes hari itu, seperti ada suara gaib (bisikan aneh hehe) yang muncul. Dalam bisikan itu gw dibilangin "Ayo kamu harus masuk FK, harus jadi Dokter!" sampe 100 kali bisikan itu terngiang di telinga saya, akhirnya saya jadi tambah semangat ngerjainnya, Karena udah nothing to lose, saya nyantai-nyantai aja. Hari pengumuman pun tiba dan Alhamdulillah saya diterima di FK pada kategori lulus pilihan utama (lebih murah biayanya dari yang lain lho..) hahaha..
Saya bersyukur banget udah diterima di FK, sekarang saya tinggal nunggu pengumuman SNMPTN, karena saya udah diterima di FK apapun hasil SNMPTN saya, saya tetep milih di UMM. Hari pengumuman pun tiba. Saya buka situs SNMPTN lewat hp saya, dan keajaiban terjadi. Saya ketrima SNMPTN di pilihan pertama saya, di Keperawatan UB. OMG.. what a beautiful surprise! :)
Saya punya beberapa kiat sih buat kamu yang pengen sukses di seleksi masuk universitas:
1. Ingat, kuncinya adalah persaingan! Disini kamu tu bersaing buat ngedapetin kursi kuliah, ga da istilah aman, kemaren saya ditanyain ma seorang anak kelas 3 SMA, "Mas, kalo masuk FK dari 120 soal yang diujiin harus bener berapa? What!! Saya kaget, Inget seleksi masuk universitas bukan ujian nasional. Di ujian nasional kita bener ngejawab 75% soal yang diujikan kita udah lulus, tapi kalo yang namanya seleksi ga ada gitu-gituan, Walopun kita bisa jawab bener 87% soal, tapi kalo saingan kita bisa jawab 88% soal ya sama juga bohong, artinya kita tersisih.
2. Mantepin pilihan jurusan yang ingin kamu masukin, ada beberapa pertimbangan dalam memilih jurusan, seperti biaya, prospek kerja, lama kuliah, passing grade, dll. Untuk passing grade saya yakin di internet udah banyak, dan biasanya di bimbel juga dikasih tau. Passing grade ini penting biar kita nggak salah memilih urutan pilihan. Biasanya kalo passing gradenya lebih gede ditaruh paling atas dan yang lebih kecil di bawahnya. Tapi menurut saya passing grade belum tentu bener, soalnya data-datanya semua diambil dari data tahun lalu, artinya tahun ini juga bisa berubah, tapi passing grade cukup banyak ngasih gambaran persaingan masuk ke kita.
3. Berdoa dan belajar yang rajin. Mantepin motivasi kamu, misal kamu pengen sukses ato ngebanggain ortu, bisa juga ngebanggain calon mertua hehehe. Berdoa yang banyak, minta pada Allah supaya diberikan jalan. Saya yakin pasti Allah denger doa kamu, karena saya pun sebelumnya juga gagal berkali-kali. Walopun nggak dikasih yang kamu pengen tapi Allah ngasih yang terbaik. Yakin !! :)
Sukses deh pokoknya !!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masuk PPDS? Siapa takut.. :)

Let me introduce myself :)

Dilema Kawat Gigi